Sabtu, 15 Februari 2014

MATERI UJIAN PRAKTIK TIK 9 (VII-2) : KOMPONEN PERANGKAT KERAS KOMPUTER

KOMPONEN PERANGKAT KERAS KOMPUTER 

Hai.. postingan kedua ini saya akan menjelaskan tentang komponen-komponen perangkat keras komputer. perangkat keras ini dibagi menjadi dua yaitu, komponen perangkat keras di casing dan perangkat keras diluar casing. langsung aja ya dibaca..

A.  Komponen Perangkat Keras Di Casing

      Casing merupakan bagian komputer yang berfungsi sebagai pakaian atau pelindung dari CPU. Selain pelindung CPU, casing juga bisa berfungsi sebagai pendingin tambahan.  Jika kalian membuka casing sebuah komputer akan tampak beberapa komponen didalamnya, antara lain :

   1.  Power Supply

                Sesuai dengan namanya power supply berfungsi mengalirkan listrik ke setiap bagian komputer agar dapat berjalan. Bagian belakang terdiri dari socket penghubung ke monitor dan power listrik. Juga terdapat fan atau kipas angin, yang berfungsi mendinginkan udara di dalam kotak power supply tersebut. Bagian depan terdiri atas kabel-kabel kecil untuk mengalirkan listrik ke setiap bagian di dalam CPU atau Motherboard.  Tentu saja listrik yang mengalir sudah minim atau diperkecil. Sedangkan di power supply itu sendiri voltase listrik masih besar, sehingga dilarang keras menyentuhnya.       

          2.  Mainboard atau Motherboard (MB)
       
                 Mainboard merupakan papan utama yang berfungsi sebagai tempat perangkat-perangkat lain, seperti processor, memori, VGA Card, Sound Card, dan LAN Card. Di mainboard terdapat slot yang memungkinkan slot-slot dari perangkat lain dapat dilekatkan ke mainboard tersebut. Selain itu, mainboard juga dilengkapi jalur-jalur koneksi lain yang memungkinkan komputer lain dapat saling berkomunikasi. Pada umumnya, mainboard didesain untuk digunakan pada processor tertentu saja. 

          3.  CPU (Central Processing Unit)

    CPU atau sering disebut Processor sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh kompunen lainnya. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard, dan dapat diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan kapasitas processor.
                        
Prosesor adalah chip yang sering disebut “Microprosessor” yang sekarang ukurannya sudah mencapai Gigahertz (GHz). Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data atau informasi. Merk prosesor yang banyak beredar dipasatan adalah AMD, Apple, Cyrix VIA, IBM, IDT, dan Intel.

Bagian dari Prosesor Bagian terpenting dari prosesor terbagi 3 yaitu :
  • Aritcmatics Logical Unit (ALU)
  • Control Unit (CU)
  • Memory Unit (MU)

    4. Memori 

         Memori adalah perangkat keras komputer yang memiliki fungsi untuk menyimpan informasi sebelum atau sesudah diproses oleh processor. Memori di dalam komputer dapat dibedakan menjadi dua, yaitu memori internal yang disebut ROM dan memori eksternal yang disebut RAM.

    a.  ROM (Read Only Memory)
        
        ROM adalah tempat memori yang berfungsi untuk menyimpan perintah dan data secara tetap dan tidak akan hilang meskipun aliran listrik terputus. Perintah-perintah yang disimpan di ROM merupakan perintah-perintah tetap yang dibutuhkan oleh komputer. Perintah-perintah tersebut diisikan oleh pabrik komputer pada saat lomputer dibuat. Pada komputer generasi awal, ROM tidak dapat di-upgrade atau diperbarui. Akan tetapi, model komputer sekarang, ROM bisa diperbarui agar komputer dapat mengenali peralatan baru setelah ROM diproduksi.

     b.      RAM (Random Access Memory)

           RAM adalah memori utama yang berfungsi untuk menyimpan sementara data dan perintah pada saat program dijalankan. Program yang ada di RAM dapat diakses secara acak. Sementara itu, memori yang tersimpan di dalam RAM akan hilang jika aliran listrik terputus. Oleh karena itu, perangkat keras ini sering disebut RAM Volatile.

            5. VGA Card ( Vidio Graphics Adapter)
                
           Tugas utama VGA Card adalah melakukan proses mengubah sinyal digital yang berisi representasi logikal menjadi sinyal yang berisi informasi visual. Selanjutnya, informasi itu ditampilkan pada layar monitor, baik itu monitor konvensional CRT maupun monitor LCD dan display lain. Kartu grafis ini merupakan kartu elektronik yang dipasang pada slot mainboard, kemudian dihubungkan dengan kabel yang menuju monitor.
                                           


               6. Sound Card 

              Sound Card adalah perangkat komputer yang memiliki fungsi mengubah sinyal digital menjadi sinyal suara. Misalnya, file lagu-lagu yang ada di komputer dapat didengar dengan menggunakan speaker. Tidak berbeda dengan VGA Card, Sound Card merupakan kartu elektronik yang dipasang di mainboard yang disebut built in. Di salah satu sisi Sound Card terdapat colokan kabel input dan output suara. Colokan input suara digunakan untuk microphone, sedangkan colokan output suara digunakan untuk speaker.                        


            7.   NIC ( Network Interface Card)

            NIC adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Jenis NIC yang beredar di pasaran terbagi menjadi dua jenis, yaitu NIC yang bersifat fisik dan NIC yang bersifat logis. 

        a.  NIC Fisik
                    
                    NIC fisik umumnya berupa kartu yang dapat ditancapkan ke dalam sebuah slot  dalam motherboard komputer, yang dapat berupa kartu dengan bus ISA,bus PCI, bus EISA, bus MCA, atau bus PCI Express. Selain berupa kartu-kartu yang ditancapkan ke dalam motherboard, NIC fisik juga dapat berupa kartu eksternal yang berupa kartu dengan bus USB, PCMCIA, bus serial, bus paralel atau Express Card, sehingga meningkatkan mobilitas (bagi pengguna yang mobile). 
                     Tugas NIC adalah untuk mengubah aliran data paralel dalam bus komputer menjadi bentuk data serial sehingga dapat ditransmisikan di atas media jaringan. Media yang umum digunakan, antara lain adalah kabel UTP category 5 atau Enhanced Category 5 (Cat5e), kabel fiber-optic, atau radio (jika memang tanpa kabel). 
              
               b.  NIC Logis

                     NIC logis merupakan jenis NIC yang tidak ada secara fisik dan menggunakan sepenuhnya perangkat lunak yang diinstalasikan di atas sistem operasi dan bekerja seolah-olah dirinya adalah sebuah NIC. Dalam sistem operasi Windows, harus diinstalasikan secara manual. Kartu NIC logis ini dibuat dengan menggunakan teknik emulasi.
     
               8.  Hardisk

 Hardisk  adalah suatu device atau komponen pada komputer yang merupakan piranti penyimpanan sekunder dimana data disimpan sebagai pulsa magnetik pada piringan logam (Platter) yang berputar yang secara terintegrasi. ukuran kecepatan data sangat tergantung pada seberapa besar platter dapat berputar ,setiap data yang terdapat dihardiscdisimpan dalam lingkaran yang disebut track (konsentris. didalam setiap track dibagi dalam beberapa sector. 

Fungsi Hardisk komputer adalah berfungsi sebagai media penyimpanan data (storage) yang mempunyai kapasitas yang sangat besar dan juga termasuk dalam salah satu memory eksternal dari sebuah komputer.


      B.  Perangkat Keras Diluar Casing

     Perangkat keras komputer yang ada diluar casing terdiri atas perangkat keras masukan (input device) dan perangkat keras keluaran (output device).

   1. Perangkat Input Device 

      a. Keyboard

    Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
                            
               b.  Mouse
      
           Mouse merupakan salah satu alat masukan yang berfungsi untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard.



                c. Touchpad, Pointing Stick, dan Trackbal
               
               Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.


            d. Joy Stick dan Games Paddle

             Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.             
  
            e.  MIC (Microphone)

                 Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara.






                   
               2.  Perangkat Output Device

              a.  Monitor

                     Layar monitor juga disebut computer display, visual display unit, atau monitor saja. Monitor adalah peralatan yang berfungsi menampilkan gambar-gambar yang bisa dilihat, yang dihasilkan oleh komputer tanpa merekamnya.

                     b. Printer 
   
                          Printer atau pencetak adalah alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik, di atas kertas. Printer biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu picker sebagai alat mengambil kertas dari tray.


        


                      c. Speaker/ Headset
  
                             Fungsi speaker pada komputer sama dengan fungsi speaker pada perangkat audio sistem. Yang membedakan secara garis besar hanyalah pada ukurannya. Speaker pada komputer dibuat seefisien mungkin agar tidak terlalu memerlukan banyak tempat. Namun pada pengguna tertentu terkadang menghubungkan output sound mereka pada perangkat speaker lainnya untuk lebih memberikan kepuasan yang lebih.


     

    Ok sekian dulu ya.. semoga bermanfaat bagi kalian semua..

      Sumber : 












Tidak ada komentar:

Posting Komentar