Kamis, 20 Februari 2014

MAKALAH PEMBUATAN TAPE KETAN HITAM

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami ucapkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan karunia dan rahmat-Nya lah, kami dapat menyelesaikan makalah ini.
      Dengan kerja keras dan dengan penuh rasa syukur kami telah menyelesaikan tugas pembuatan tape ketan hitam, meski masih jauh dari kata sempurna kami anggap sebagai pengalaman dan kami akan kembangkan menjadi yang lebih baik lagi.
      Kami sadari bahwa dalam pembuatan tugas ini masih banyak kekurangan, untuk itu kami mohon kritik dan saran dari Bapak guru untuk perbaikan dimasa yang akan datang.
      Semoga bermanfaat dan dapat mencapai tujuan, atas bantuan dan perhatian semua pihak kami ucapkan terimakasih.





                                                                      DAFTAR ISI

                 A.    ALAT DAN BAHAN
                 B.     CARA KERJA
                 C.     HASIL
                 D.    PEMBAHASAN
                 E.     KESIMPULAN


           

                A.    ALAT DAN BAHAN :

·         ALAT :
1.      Baskom
2.      Dandang
3.      Nare/Nampan
4.      Kompor
5.      Saringan
6.      Sendok Nasi
7.      Besek

·         BAHAN :
1.      ½ kg ketan hitam
2.      ½ kg ketan putih
3.      3 ikat daun sager
4.      1 biji ragi tape
5.      1 ½ gelas air



B.     CARA KERJA :

1.      Bersihkan kotoran yang ada di ketan hitam dan ketan putih dengan cara ditampi.
2.      Cuci ketan hingga bersih.
3.      Tiriskan air pada ketan.
4.      Campurkan ketan hitam dan ketan putih.
5.      Rendam ketan selama 4 jam.
6.      Cuci daun sager.
7.      Siapkan ½ gelas air, masukkan air dan daun sager ke dalam baskom, lalu diremas hingga mengeluarkan warna hijau yang pekat.
8.      Kukus ketan selama 1 jam.
9.      Angkat ketan dan letakkan ke dalam baskom, tuangkan perasan air daun sager ke ketan hitam sambil diaduk.
10.  Lalu kukus lagi selama 20 menit.
11.  Dinginkan selama 5 jam.
12.  Setelah dingin, masukkan ketan ke dalam besek, lalu taburkan ragi tape secara merata.
13.  Lalu simpan dan diamkan selama 2 hari.
14.  Tape ketan hitam siap untuk disajikan.



 C.     HASIL :
Ketan di campur ragi menghasilkan tape yang mengandung alkohol karena dibuat dengan proses peragian atau fermentasi yang mengubah beras ketan menjadi tape.
  
Pembanding
Sebelum Fermentasi
Sesudah Fermentasi
Tekstur Beras
Bentuk seperti beras Lunak
Seperti nasi
Kadar Air
Tidak ada
Ada (mengandung alcohol)
Aroma
Tidak ada
Wangi tape (asam)
Rasa
Tidak ada
Rasa manis



D.    PEMBAHASAN :
Setelah melakukan penelitian selama 3 hari tentang pembuatan tape ketan hitam, kami dapat membahas bagaimana tape ketan hitam dibuat, memaparkan faktor-faktor yang terlibat dalam pembuatan ataupun dalam proses fermentasi tape. Tape ketan hitam ini merupakan suatu bioteknologi yang dikategorikan ke dalam bioteknologi tradisional /konvensional.

Hasil dari tape yang kami coba ternyata ketan tersebut menjadi terasa manis dan agak terasa bau alkohol,setelah kami meneliti dan membaca dari berbagai sumber ternyata pada tape ketan itu terjadi proses fermentasi yang menyebabkan ketan menjadi bau alkohol dan terasa manis.

Bahan baku dari pembuatan tape ketan hitam adalah beras ketan. Tape ketan dibuat dengan proses fermentasi yang dibantu oleh ragi atau (bakteri saccharomyces cerivisiae) bakteri ini dapat merubah karbohidrat menjadi alkohol, dan karbon dioksida. Dalam fermentasi tape ketan terlibat beberapa mikro organisme yang disebut dengan mikrobia perombak pati menjadi gula yang menjadikan tape pada awal fermentasi terasa manis.yang menyebabkan tape ketan berubah menjadi alkohol karena adanya bakteri actobakter aceti (mengubah alcohol menjadi asam asetat).

Adapun beberapa faktor yang menyebabkan pembuatan tape ketan ini dapat berlangsung tidak sempurna salah satu penyebabnya adalah peralatan yang kurang higienis dan ragi yang sudah lama (sudah kadaluarsa) dan dapat disebabkan juga oleh pencucian beras yang tidak bersih sehingga fermentasi tdak sempurna. Pembuatan tape ini berlangsung selama dua sampai tiga hari,dalam kurun tiga hari itu tape masih bisa dimakan karena tape belum berubah menjadi alcohol,tapi jika tape sudah lebih dari tiga hari tape tidak bisa dimakan (dikonsumsi) karena sudah berubah menjadi alcohol selain itu juga tape tersebut sudah membusuk.


E.     KESIMPULAN :

Dalam percobaan yang kami lakukan maka kami dapat menyimpulkan bahwa pembuatan tape harus memperhatikan perbandingan antara penyampuran ragi dan ketan. Serta proses penyampuran dan penyimpanan tape agar menghasilkan tape yang baik.
          
       Tape yang diberi ragi dengan takaran terlalu banyak atau kurang menghasilkan rasa yang kurang maksimal seperti asam atau tidak ada rasa sama sekali. Namun jika takaran tape dan ragi sesuai, maka rasa yang di hasilkan akan manis. Selama proses fermentasi tidak memerlukan oksigen. Oleh karena itulah, proses fermentasi pada ketan yang tertutup rapat lebih cepat dibandingkan dengan ketan yang terbuka. Lamanya proses fermentasi juga mempengaruhi kadar alcohol yang dihasilkan.



1 komentar: